Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X Tahun 2022 Diikuti 379 Pesilat

  • Share

Kendal, medgo.id – Dihelat di GOR Bahurekso, Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT) Cabang Kendal, Jawa Tengah, menggelar Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X tahun 2022, Selasa (20/12/2022).

Ketua PSHT Cabang Kendal, H Supriyadi SH, mengatakan bahwa Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup adalah kejuaraan tingkat kabupaten Kendal yang memperebutkan Piala Bergilir dan Piala Tetap, dan merupakan event tiga tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 1992.

\

“Untuk tahun 2022 adalah penyelenggaraan untuk kali yang kesepuluh dan dilangsungkan selama tiga hari dari tanggal 19 hingga 21 Desember 2022. Terbagi dalam dua nomor yaitu Tarung dan Seni, yang terbagi dalam tiga kelompok umur yaitu kelompok umur Usia Dini, Pra Remaja, dan Remaja”, papar Supriyadi.

Lebih lanjut, Supriyadi menyampaikan bahwa Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X tahun 2022 ini, diikuti oleh 379 pesilat yang terdiri dari 235 pesilat putra dan 144 pesilat putri dari 17 kontingen atau ranting yang ada di Kabupaten Kendal.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan kejuaraan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Ir Sugiono, yang membacakan sambutan tertulis dari Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyampaikan bahwa Kejuaraan Pencak Silat PSHT sangat baik sekali sebagai ajang manifestasi, ekpresi dan sportivitas, yang mengarah pada pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang olahraga serta seni bela diri, selain itu juga sebagai motivasi untuk melestarikan Pencak Silat yang merupakan budaya bangsa Indonesia.

“Saat ini, eksistensi Pencak Silat sebagai seni bela diri tradisional Indonesia telah berkembang menjadi olahraga prestasi yang populer karena telah dipertandingkan di tingkat regional, nasional hingga internasional”, tandas Sugiono.

Lebih lanjut, Sugiono mengatakan bahwa olahraga seni bela diri Pencak Silat adalah salah satu bagian dari program pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang diharapkan mampu menjadikan generasi yang sehat dan berprestasi serta berjiwa ksatria untuk membangun bangsa agar lebih maju lagi.

“Para atlet harus mendapatkan dukungan dan diberi fasilitas dalam menyalurkan bakatnya”, tegas Sugiono.

Tampak hadir dalam upacara pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X antara lain Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid, Ketua KONI Kabupaten Kendal, Subur Isnadi, Kajari Kendal dan Ketua PN Kendal. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *