Kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 58 Di Lapas Terbuka IIB Kendal

  • Share
banner 468x60

KENDAL, MEDGO.ID – Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Kendal, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Kanwil Jawa Tengah, melaksanakan tasyakuran dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke -58, Selasa (26/4/2022), di aula Lapas setempat.

Selain tasyakuran HBP, juga dilakukan buka puasa bersama dengan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kendal.

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB, Rusdedy, mengatakan bahwa selain acara tasyakuran, Lapas Terbuka IIB Kendal sebelumnya juga telah menggelar berbagai kegiatan lomba yang diikuti oleh warga binaan maupun petugas lapas.

“Alhamdulillah Lapas Terbuka mengikuti sebagian besar rangkaian kegiatan dari pusat. Kalau di Lapas Terbuka kita mengikuti kegiatan One Day One Prison’s Product yakni kegiatan lomba penjualan produk-produk hasil karya para warga binaan”, kata Rusdedy.

Lebih lanjut, Rusdedy menjelaskan bahwa Lapas Terbuka Kendal adalah lapas produktif di bidang pertanian, peternakan dan perikanan. Oleh karena itu untuk mengikuti kegiatan One Day One Prison’s Product maka pihaknya harus mempersiapkan tiga hingga empat bulan sebelumnya.

Rusdedy menuturkan bahwa saat ini Lapas Terbuka Kelas IIB dihuni oleh 34 orang warga binaan, sebelumnya dihuni oleh lebih dari 60 orang warga binaan.

Terkait dengan produksi di bidang pertanian, Rusdedy menyampaikan bahwa produksi di bidang pertanian memang tidak sama dengan bidang lainnya seperti produk industri, oleh karenanya maka kita harus mempersiapkannya tiga hingga empat bulan sebelumnya agar panennya tepat pada bulan April 2022 tepat pada peringatan HBP sehingga mampu mendongkrak penjualannya.

Produk yang dihasilkan oleh warga binaan, imbuh Rusdedy, antara lain jagung, bawang merah, telur ayam, jamur, sayur-sayuran, dan cabe. Dimana omset penjualannya mencapai kurang lebih Rp 148 juta.

“Di Lapas Terbuka ini, produk Jagung adalah ikonnya dan kemarin kita bisa menjual sebanyak 20 ton. Selanjutnya ada bawang merah sekitar 3 ton. Sementara untuk telur ayam setiap hari kita jual secara rutin dan cabe setiap minggu kita bisa panen dan 100 kilogram lebih”, pungkas Rusdedy. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *