Kasdam IV/Diponegoro Jadi Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022, Jum’at (20/05/2022), di Lapangan Makodam IV/Diponegoro, yang dikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro.

Dalam upacara tersebut, Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Parwito, bertindak selaku inspektur upacara.

Harkitnas ke-114 tahun 2022 ini, mengusung tema “ Ayo Bangkit Bersama ” sebagai implementasi dari awal kebangkitan Nasionalisme bangsa Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam IV/Diponegoro, mengatakan bahwa peringatan Harkitnas tidak lepas dari berdirinya perkumpulan Boedi Oetomo yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1948, sebagai sebuah organisasi modern untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain dan menjadi semangat persatuan serta mencegah perpecahan bangsa.

Didirikan pada tahun 1908 oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Aetsen), dimana tujuan utama didirikannya organisasi tersebut untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Kelahiran Boedi Oetomo juga mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Indische, Partij, perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia”, kata Kasdam.

Mengutip ucapan dari Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga”, lanjut Kasdam, kiranya momentum Harkitnas dapat dijadikan pedoman sebagai tonggak kebangkitan dari keterpurukan akibat pandemi dan juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat”, tegas Kasdam. (*).
Sumber: Pendam IV/Diponegoro.

  • Share
Exit mobile version