Kapolda Jateng: Latgab TNI-POLRI Juga Sebagai Show of Force Sinergitas TNI-POLRI

  • Share

BOYOLALI, MEDGO.ID – Bertempat di Mako Brimob Gunung Kendil Boyolali Jawa Tengah, Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi S.H, membuka secara resmi Latihan Gabungan (Latgab) TNI-Polri Wilayah Solo Raya, Kamis (7/1/2021).

\

Dalam prakatanya, Kapolda Jateng mengatakan bahwa Latgab tersebut bertujuan untuk membekali dan meningkatkan Kemampuan serta Keterampilan para Personil TNI-Polri dalam merespon situasi kamtibmas yang ada khususnya di wilayah Jawa Tengah.

“Personil akan dilatih keterampilan bela diri, kemampuan menembak dengan tehnik-tehnik, prosedur menghadapi massa, patroli gabungan skala besar sampai di gondosuli tawangmangu, dan demonstrasi penyergapan dan penghancuran instalasi lawan”, kata Kapolda.

Untuk patroli gabungan, imbuh Kapolda, start dimulai dari Mako Brimob Gunung Kendil Boyolali dan finish di Bundaran Cicoa Tawangmangu.

Pelaksanaan Latgab ini, lanjut Kapolda, adalah sebagai show of force atau unjuk kekuatan kepada masyarakat bahwa sinergitas TNI-Polri sangat kokoh dalam menjaga keamanan dan gangguan-gangguan dari kelompok tertentu yang akan membuat keresahan di masyarakat.

“Sinergitas TNI-Polri sebagai garda terdepan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, layaknya dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan”, tegas Kapolda.

Dengan Latgab ini, tambah Kapolda, personil akan memiliki kemampuan lebih, mental yang kuat, disiplin yang tinggi, percaya diri, soliditas dan solidaritas yang semakin mantap serta meningkatkan profesionalitas dan proporsionalitas yang memadai.

“Latihan ini bagi saudara sangat istimewa, karena merupakan latihan lintas kemampuan di luar kemampuan yang sudah saudara miliki”, tukas Kapolda.

“Tidak hanya itu, Latgab ini ditujukan untuk menciptakan anggota yang terlatih dan siap digerakan kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun”, tegas Kapolda.

Tampak hadir dalam peresmian Latgab tersebut Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono yang mewakili Pangdam IV Diponegoro, Para Kapolres dan Dandim Jajaran Eks Wilayah Surakarta.(*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *