Kalak BPBD Kendal: Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Potensi Ancaman Bencana

  • Share

Kendal, medgo.id – Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan berupa sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana, Kamis (16/6/2022), di aula Kantor Kecamatan Limbangan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang dari unsur kepala desa, perangkat desa, dan tokoh masyarakat dari wilayah Kecamatan Limbangan.

Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan tiga orang nara sumber antara lain H. Sulistiyo Aribowo, S. Hut, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kendal, dengan paparan materinya Peraturan Daerah No. 2 tahun 2016 tentang Penanggulangan Bencana, dan H. Nashri, ST, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kendal, yang menyampaikan materi Desa Tangguh Bencana, serta Sunarto, S. Sos, Plt Camat Limbangan, dengan materi kejadian bencana di wilayah Kecamatan Limbangan.

 

Saat membuka acara tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kendal, Drs. Sigit Sulistiyo, MM, menyampaikan bahwa bencana merupakan urusan dan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media masa, dan akademisi.

“Bencana bukan hanya saat terjadinya saja. Ada tiga tahapan yaitu tahap pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana”, kata Sigit.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan bahwa jika mendapatkan informasi kejadian bencana, agar di cari terlebih dahulu kebenarannya, kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dan BPBD Kabupaten Kendal.

“Tingkatkan terus kewaspadaan terhadap potensi ancaman bencana, karena akhir – akhir ini sering terjadi cuaca ekstrim yang tidak bisa prediksi di wilayah masing – masing”, pungkas Sigit.

Pada sesi terakhir digelar dengan tanya jawab antara Nara sumber dan peserta. (*).

 

  • Share
Exit mobile version