Kadispertan: Di Boyolali Luas Lahan Tanaman Bawang Merah Ada 639 Hektar

  • Share

Boyolali, medgo.id – di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, lahan tanaman bawang merah tersebar di beberapa wilayah yaitu di Kecamatan Juwangi, Cepogo, Selo, Tamansari, Ngemplak dan Nogosari.

Total luas lahan tanaman bawang merah mencapai 639 hektar berada di Kecamatan Cepogo 355 hektar, Selo 226 hektar, Juwangi 50 hektare, Tamansari 4 hektare, Nogosari 2 hektar dan Ngemplak 2 hektare.

\

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto, Rabu (23/11/2022), saat melakukan panen bawang merah di Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi.

Bambang Jiyanto, mengatakan bahwa lahan pertanian bawang merah di Desa Jerukan luas seluruhnya mencapai 50 hektare, dimana penanamannya tidak dilakukan secara serempak, sehingga panennya juga bertahap sehingga penjualan pascapanen pun menjadi lebih mudah. Untuk lahan seluas 2.500 m2, bisa menghasilkan bawang merah sebanyak 1,3 ton.

“Hingga bulan Oktober 2022, produksi bawang merah di Kabupaten Boyolali mencapai 75,486 ton. Sehingga, kebutuhan bawang merah untuk Kabupaten Boyolali dan sekitarnya dapat dipastikan aman”, kata Bambang.

 

Sementara itu, Kepala Desa Jerukan, Suprat, memaparkan bahwa Desa Jerukan berpenduduk kurang lebih 3.074 jiwa dimana sebagian besar mata pencahariannya adalah petani.

Menurut Suprat, saat ini pertanian di desanya sudah berkembang dengan baik. Dulu para petani hanya menanam padi, kedelai, dan jagung saja tapi sekarang sudah berani menanam bawang merah, melon, dan cabai.

Ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur, Desa Jerukan, Somadi, mengatakan bahwa dirinya menanam bawang merah di lahan seluas 1.800 m2, dengan modal awal sebesar Rp. 20 juta, dan dari penjualan bawang merah bisa memperoleh hasil sebesar Rp. 35 juta. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *