Kabupaten Semarang dan Rembang Mulai Salurkan BLT BBM

  • Share

Ungaran, medgo.id – Di depan aula Kantor Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022), di bawah teriknya panas matahari tampak antrian panjang para warga yang akan mengambil Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk memastikan ketertiban warga, dua orang petugas dari kepolisian dan TNI berjaga tepat di depan pintu masuk aula, mengatur giliran warga yang diperbolehkan masuk ke aula.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupatren Semarang, Ida Maftucha, menyampaikan bahwa penyaluran BLT BBM kali ini dibarengkan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang diberikan dalam wujud uang tunai, untuk mendukung daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga BBM.

“Bantuan tersebut, terdiri dari BLT BBM sebesar Rp. 300 ribu, dan BPNT sebesar Rp. 200 ribu. Total, ada 65.082 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan masing-masing sebesar Rp. 500 ribu”, kata Ida.

Sementara itu, Humas Satgas BLT PT Pos Cabang Ungaran, Dwi Iriyanti Sulistyowati, menjelaskan bahwa pihaknya menyalurkan bantuan di 10 kecamatan di wilayah utara Kabupaten Semarang, sedangkan sembilan kecamatan lainnya di wilayah Selatan dilayani oleh Kantor Pos Cabang Salatiga.

Di Kabupaten Rembang, BLT BBM juga mulai dibagikan melalui Kantor Pos Indonesia Cabang Rembang, Sabtu (10/9/2022).

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, jumlah penerima BLT BBM untuk Kabupaten Rembang mengalami penambahan sebanyak 19.872. Sebelumnya ada sebanyak 48.455 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan sekarang menjadi 68.327 KPM.

“Jika ada yang berhak mendapatkan BLT namun belum masuk dalam data penerima manfaat, jangan sampai membuat keresahan di lingkungan. Karena, update data sekarang bisa setiap saat, setiap hari, tidak menunggu enam bulan”, tandas Bupati Rembang.

Eksekutif Manager PT Pos Indonesia Kantor Cabang Rembang, Arif Budi Hartanto, menargetkan untuk penyaluran BLT BBM ini selesai dalam waktu 10 hari. Target itu lebih cepat dibanding waktu maksimal yang diberikan pemerintah pusat, yaitu 14 hari.

“Begitu kita menerima droping dana BLT BBM pada Jum’at (9/9/2022) malam, pada Sabtu (10/9/2022) pagi harus mulai disalurkan. penyaluran BLT BBM juga dilakukan di sejumlah kecamatan”, jelas Arif. (*17).

  • Share
Exit mobile version