Januari 2021 PSSI Gelar Rapat Exco Bahas Kelanjutan Kompetisi Liga

  • Share

JAKARTA, MEDGO.ID – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berupaya agar dapat menggelar kompetisi Liga 1 dan 2 pada awal tahun 2021 ini.
Kompetisi amat sangat dibutuhkan untuk perkembangan serta kemajuan persepakbolaan di tanah air yang muaranya adalah tim nasional Indonesia.

Dikutip dari PSSI.org, Minggu (3/1/2021), diketahui, PSSI telah merencanakan lanjutan dari kompetisi Liga 1 dan 2 pada bulan Oktober 2020, namun karena pihak kepolisian tidak memberikan ijin maka dengan terpaksa kompetisi akhirnya ditunda.


Dalam hal ini, sebenarnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengeluarkan rekomendasi bahwa kompetisi Liga 1 dan 2 bisa gelar tapi tanpa penonton dan mentaati protokol kesehatan yang ketat.

“Terkait kompetisi Liga 1 dan 2 yang belum bisa berjalan, rapat Executif Comitte (Exco) atau Komite Eksekutif yang terakhir telah memutuskan bahwa kompetisi liga rencananya akan diputar oleh PT LIB pada bulan Februari 2021. Situasi terkini pandemi akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa bergulir atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian. Untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit”, kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Dengan situasi pandemi, terang Yunus, membuat kondisi PSSI menjadi tidak menentu. Tapi kondisi seperti ini tidak hanya di sepak bola, namun di seluruh sendi kehidupan di seluruh dunia, dimana keadaannya menjadi sulit untuk diprediksi.

“Untuk itu, PSSI telah menjadwalkan akan menggelar rapat Komite Eksekutif di pertengahan bulan Januari 2021, yang akan membahas kelanjutan dari kompetisi Liga 1 dan 2. Apakah bisa gelar atau menghentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini”, tutur Yunus.

Kalaupun harus dilanjutkan, terang Yunus, PSSI akan memastikan untuk menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub. Namun, jika harus berhenti, maka itu berarti kompetisi akan dilanjutkan untuk kompetisi musim 2021.

“PSSI sebenarnya sudah bekerja secara maksimal. Ahmad Lukita sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru dan Sudjarno selaku Direktur Operasional PT LIB sudah menghadap ke Mabes Polri. Mereka juga sudah berkeliling ke beberapa Polda di Pulau Jawa untuk bersilaturahmi”, papar Yunus.

Menurut Yunus, PT LIB sudah berkirim surat 3 kali ke Mabes Polri. Yang pertama menjelang rencana kick of 1 Oktober 2020, kemudian yang kedua pada awal bulan November 2020 dan yang terakhir bersurat lagi untuk memohon agar Liga 1 dan 2 bisa berputar lagi pada akhir Januari atau awal Februari 2021.

“Namun, kesemuanya kembali kepada pihak kepolisian sebagai yang berwenang mengeluarkan ijin pada mereka. Jika kepolisian tidak mengeluarkan ijin maka kitapun tidak bisa berbuat apa-apa. Kita wajib tunduk dan patuh pada aturan”, pungkas Yunus. (*).
Pewarta: Adang.

 

  • Share
Exit mobile version