Jalan Menuju Embung Bansari Segera Dibangun Kembali

  • Share

Temanggung, medgo.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Hary Agung Prabowo, melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali akses jalan dari Desa Bansari menuju Embung Bansari, Senin (22/8/2022), di Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari.

Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPR RI, Sudjadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Muh Amin, Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ripto Susilo, Kepala Dinas terkait, dan jajaran Forkopimcam Bansari.

\

Sekda Kabupaten Temanggung mengatakan bahwa pembangunan kembali jalan dari Desa Bansari menuju Embung Bansari sepanjang 2,2 km tersebut, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 4 miliar yang bersumber dari APBN, dimana pembangunannya akan dimulai pada akhir bulan Agustus 2022 mendatang.

“Ini sangat luar biasa. Pembangunan jalan tersebut akan memudahkan transportasi dari Desa Bansari menuju Embung Bansari. Sudah tentu juga menungkatkan perekonomian, pertanian dan pariwisata”, kata Hary Agung.

Kepada Kepala Desa Bansari beserta unsur BUMDes nya, Hary mengharapkan agar dapat memanfaatkan moment tersebut, dan memanfaatkan dana dari pemerintah pusat untuk pariwisata dengan sebaik-baiknya, sebab kalau tidak dimanfaatkan dengan benar akan mendapat masalah di kemudian hari.

“Saat ini media sosial sudah sangat luar biasa. Lakukan komukasi dengan Dinas Kominfo, karena mungkin aksesnya lebih banyak di sana, sehingga pariwisata Desa Bansari bisa lebih terdongkrak. Apabila hal tersebut bisa berjalan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan PAD”, ungkapnya.

Hary Agung juga menekankan agar Pemerintah Desa Bansari melakukan perbaikan sarana dan prasarana termasuk sanitasinya, karena sanitasi itu sangat penting sekali dan air bersih juga harus tersedia cukup.

“Embung Bansari adalah surganya Temanggung,” pungkas Hary Agung.

Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Temanggung. (Dok. foto: IST).

Sekilas Embung Bansari
Embung Bansari berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Terletak di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.300 mdpl.
Luas Embung Bansari adalah satu hektare, dengan kedalaman air 4 meter, luas genangan sekitar 2.453 meter persegi, dan daya tampung air sebanyak 8.588 meter kubik.
Embung Bansari dibangun dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan air bagi para petani di musim kemarau.

Keberadaan Embung Bansari di lereng Gunung Sindoro memiliki bentang alam dengan keindahan khas alam pegunungan sehingga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.
Jika cuaca cerah, dari Embung Bansari kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan lain-lainnya. (*17)

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *