Gelombang Laut Capai 4 Meter, Kepala DKP Jawa Tengah: Nelayan Jangan Melaut Dulu

  • Share

Semarang, medgo.id – Cuaca ekstrim yang terjadi dalam sepekan terakhir ini telah mengakibatkan gelombang laut yang mencapai tinggi 1,25 – 4,0 meter di Laut Jawa dan Lautan Hindia.

Terkait dengan kondisi tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah, telah menerbitkan surat imbauan kepada Himpunan Nelayan Seluruh Indonesaia (HNSI) dan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Jawa Tengah.

\

Kepala DKP Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro, mengatakan bahwa surat tersebut berisi imbauan agar para nelayan di Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela) untuk tidak melakukan aktivitas melaut.

“Kepada semua Kepala Pelabuhan Perikanan dan Syahbandar Perikanan, saya minta untuk memantau aktivitas kapal penangkap ikan di pelabuhan, dan bila kondisi cuaca tidak memungkinkan maka penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar ditunda, sampai kondisi cuaca kembali normal dan memungkinkan kapal untuk berangkat melaut”, kata Fendi, Kamis (5/1/2023).

Kepala DKP Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro, (dok foto: IST).

Fendi juga memaparka bahwa ada sekitar 90 persen kapal nelayan asal Cilacap tidak bisa melaut dan saat ini lepas jangkar di Pantai Pacitan dan Sendang Biru, Jawa Timur. Sedangkan, kapal nelayan Pantura ada sebanyak 70 persen yang bersandar di kolam pelabuhan dan berlindung di pulau terdekat, diantaranya di Legon Bajak Karimunjawa sambil menunggu cuaca membaik.

“Kita terus memantau informasi cuaca dari BMKG, yang kemudian diteruskan kepada pemilik kapal dan nelayan”, tandas Fendi.

Terkait dengan dampak dari cuaca buruk tersebut, lanjut Fendi, jumlah tangkapan ikan mengalami penurunan. Hasil tangkapan ikan pada bulan November 2022 sebanyak 12.397 ton atau turun 64,61 persen, jika dibandingkan dengan tangkapan ikan pada November 2021 sebanyak 35.031 ton.

“Untuk hasil penangkapan ikan di bulan Desember 2022 masih dalam penghitungan, di masing-masing pelabuhan”, tutur Fendi.

Karena para nelayan tidak bisa melaut, imbuh Fendi, DKP Jawa Tengah juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako sebanyak 146 paket untuk keluarga nelayan di Kelurahan Tambaklorok, Kota Semarang. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *