Gelar Budaya SD Negeri 1 Kaliayu Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Share

Kendal, medgo.id – Bertemakan tanamkan jiwa kebhinekaan global melalui filosofi among siswa demi wujudkan profil pelajar Pancasila”, SD Negeri 1 Kaliayu, Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar acara gelar budaya, Senin (20/6/2022), di halaman sekolah setempat.

Hadir dalam acara tersebut Kadimin, Pengawas SD Kecamatan Cepring, dan Ketua Komite SDN 1 Kaliayu, Jazuri, yang juga merupakan Kepala Desa Kaliayu, serta Koordinator Wilayah Kecamatan Cepiring Bidang Pendidikan, Tyas Pudiastuti SPd, MPd.

\

 

Kepala SD Negeri 1 Kaliayu, Rindang Sumilir SPd, MPd, mengatakan bahwa pelaksanaan gelar budaya adalah wujud dari implementasi Kurikulum Merdeka dengan melibatkan pemangku kepentingan seperti komite sekolah, masyarakat, wali murid, dan guru, serta pihak lain yang terkait.

“Melalui gelar budaya berupa fashion show pakaian adat oleh para guru dan pentas seni tari baik seni tari tradisi maupun modern dengan mengenakan kostum pakaian adat oleh yang dilakukan anak didik, harapannya adalah makin menguatkan jiwa nasionalisme anak didik kita terhadap bangsa Indonesia, terutama kecintaannya terhadap kekayaan budaya Indonesia”, kata Rindang.

Perlu saya sampaikan juga, lanjut Rindang, SD Negeri 1 Kaliayu merupakan pelopor dan satu-satunya sekolah penggerak pada tahap 1 yang ada di Kecamatan Cepiring.

“Program Sekolah Penggerak adalah sebuah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila”, jelas Rindang.

Program Sekolah Penggerak, imbuh Rindang, berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM (kepala sekolah dan guru) yang unggul.

Sementara itu, Komite Pembelajaran SDN 1 Kaliayu Fase A (Kelas 1 dan 2), Wiji Peni Setiani SPd, menyampaikan bahwa Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan program yang tersusun dan terencana dalam Kurikulum Merdeka, dimana pada semester ke 2, tema yang diusung yaitu Bhineka Tunggal Ika.

 

“Output yang yang diharapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadhiem Makarim, adalah para peserta didik memiliki dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, yang melahirkan kompetensi-kompetensi baru yang dapat menjadikan bekal mereka di kehidupan mendatang”, papar Wiji.

Pada kesempatan tersebut, Wiji juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh wali murid SD Negeri Kaliayu yang telah bekerjasama, berkolaborasi dan saling bahu-membahu demi keberhailan peserta didik. Mudah-mudahan praktik baik yang sudah dilaksanakan selama kurun waktu 1 tahun Ini menjadikan semangat dan acuan agar kita lebih baik lagi ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Cepiring, Kadimin SPd MM, mengatakan bahwa SD N 1 Kaliayu merupakan sekolah rintisan sejak jaman Sekolah Rakyat (SR).

“Yang membanggakan lagi adalah SDN 1 Kaliayu merupakan salah satu sekolah dasar dari 18 sekolah dasar sebagai sekolah penggerak tahap 1 di Kabupaten Kendal, yang dilakukan mulai tahun 2021 yang lalu”, kata Kadimin. (*).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *