Expo KTNA Kabupaten Semarang Pamerkan Beragam Produk Hasil Pertanian

  • Share

Ungaran, medgo.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, didampingi oleh Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, membuka secara resmi Expo KTNA yang digelar di Pasar Bunga Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (24/8/2022).

Atas kreativitas dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Semarang yang mampu menggelar pameran produk secara mandiri tersebut, Ganjar Pranowo sangat mengapresiasinya dan menginginkan agar pameran tersebut bisa digelar secara berkelanjutan sebagai sarana dan wadah promosi hasil pertanian.

\

Ganjar mengatakan bahwa meski pamerannya masih berskala kecil tapi jika dilakukan secara terus menerus, tentu akan semakin dikenal oleh orang lain, pembeli pun akan datang dan melihat, dana petanipun bisa saling berbagi ilmu.

“Kreativitasnya KTNA Kabupaten Semarang dapat dilihat dari beragamnya produk pertanian yang dipamerkan mulai dari produk pangan seperti buah-buahan, sayuran, produk olahan dan pembibitan, serta pupuk organik”, kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan bahwa ternyata mereka mampu menampilkan produk-produk yang bagus, termasuk produk makanan organik, dan mereka juga telah mampu membuat enzim sendiri, dan bisa bertanam sendiri. Tentunya mereka juga sangat membutuhkan pendampingan.

“Walaupun para petani sudah mampu membuat pameran secara mandiri, tetapi menurut saya masih belum cukup, harus ada tindak lajut dari gerakan yang dilakukan oleh para petani tersebut. Salah satunya adalah pendampingan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan persoalan yang masih mereka hadapi”, tandas Ganjar.

Setelah ini, lanjut Ganjar, kita akan menindaklanjuti dan membantu apa problem yang mereka hadapi. Biasanya, imbuh Ganjar, mereka itu akan dihadapkan oada masalah pengemasan dan bagaimana membesarkan skala usahanya.

“Kita akan dampingi mereka untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Pendampingan dari hulu sampai hilir mulai dari persoalan produksi, pengolahan, pengemasan, hingga pemasaran. Peningkatan tersebut diharapkan dapat menambah nilai jual produk pertanian yang dihasilkan”, papar Ganjar. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *