Di Pasar Kota Kendal Wamendag Mendapati Harga Minyak Goreng Curah Lebih Murah Dari HET

  • Share

Kendal, medgo.id – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (19/7/2022), melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk monitoring harga Barang Kebutuhan Pokok Penting (Bapokting) ke Pasar Kota Kendal dan Pasar Pagi Kaliwungu.

Tampak mendampingi Wamendag, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay, serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Ripatriat.

\

Di Pasar Kota Kendal dan Pasar Pagi Kaliwungu, Wamendag melakukan monitoring terhadap harga beberapa barang kebutuhan pokok seperti minyak goreng curah, cabai, bawang, dan ayam potong.

Wamendag, Jerry Sambuaga, mengatakan bahwa kunjungannya ke Pasar Kota Kendal dan Pasar Pagi Kaliwungu tersebut adalah untuk monitoring terhadap Harga Eceran Tinggi (HET) minyak goreng curah seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

“Pemerintah telah menetapkan HET minyak goreng curah sebesar Rp. 14.000/liter atau Rp. 15.500/Kg. Namun di Pasar Kota Kendal dan Pasar Pagi Kaliwungu harganya, saya malah mendapati harga minyak goreng curah di bawah HET yaitu sebesar Rp. 12.500/Kg, atau lebih murah Rp.3.000 dari harga yang ditetapkan oleh pemerintah pusat”, tandas Wamendag.

Sementara itu untuk komoditas lainnya seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kedelai, sayuran dan beras, lanjut Wamendag, memang terjadi fluktuasi harga tapi masih relatif stabil.

“Dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kendal dan Pemerintah Pusat dapat dipastikan harganya bisa kembali normal, namun yang terpenting adalah ketersediaan bahan pokok tercukupi”, terang Wamendag.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kendal, juga menyampaikan bahwa untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok, selama ini pihaknya telah berkoordinasi dengan OPD terkait agar ketersediaan barang kebutuhan pokok dapat tercukupi dengan baik.

“Kami sudah mengantisipasi sebelum lebaran, walau memang ada peningkatan harga, tapi di tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan daerah lain. Kabupaten Kendal adalah salah satu daerah yang dapat menurunkan harga Bapokting lebih cepat dibandingkan dengan daerah lainnya,” terang Bupati Kendal.

Bupati Kendal menandaskan bahwa bagi Pemerintah Kabupaten Kendal, tercukupinya stok kebutuhan pokok bagi masyarakat adalah sebuah prioritas.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Kota Kendal, Sudarso, menyampaikan bahwa untuk harga minyak curah sudah turun jika dibanding dengan harga pada pekan sebelumnya.

“Pada minggu kemarin harganya sekitar Rp 14.000-15.000/liter dan Rp 16.000/Kg, tapi hari ini harganya Rp. 12.500/Liter dan 15.500/Kg. Untuk harga minyak dalam kemasan bermerk juga mengalami sedikit penurunan harga. Saat ini bisa dibeli dengan harga Rp. 20.000-21.000/liter”, terang Sudarso. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *