Di Kabupaten Batang Penerima BLT Tahun 2022 Naik 14,47 Persen

  • Share

Batang, medgo.id – di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada tahun 2022 ada tambahan sebanyak 9.401 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

\

Semula jumlah penerima BLT ada sebanyak 64.595 KPM maka dengan adanya tambahan sebanyak 9.401 KPM, jumlahnya menjadi 73.996 KPM atau naik sebesar 14,47 persen.

Kenaikan penerima BLT tersebut sebagai dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

Penambahan jumlah KPM sebanyak 9.401 di Kabupaten Batang merupakan data tambahan yang diberikan oleh Kementerian Sosial RI.

 

 

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Joko Tetuko, Jum’at (9/12/2022), saat memantau penyaluran BLT di Aula Dinas Sosial setempat.

 

 

Menurutnya, data KPM yang menjadi tambahan BLT adalah pada Program Keluarga Harapan (PKH), BLT BBM, dan sebagian BLT Sembako yang berupa uang tunai.

 

 

Untuk Kecamatan Batang, lanjut Joko, penyalurannya dilakukan pada Jum’at (9/12/2022) di Kantor Dinas Sosial Batang sesuai permintaan Kantor Pos Indonesia dengan jumlah sekitar 1.500 KPM.

 

 

“Bagi KPM yang ada di kecamatan lain dan ingin mengambil BLT dilakukan pada hari berikutnya. Bagi penerima yang sudah meninggal wajib diwakilkan yang masih dalam satu Kartu Keluarga. Kalau tidak bantuan akan dikembalikan ke Kementerian Sosial dan dianggap hangus oleh Kantor Pos Indonesia”, tandas Joko.

 

 

Menurut Joko, kendalanya adalah terkadang data penerimanya ada akan tetapi orangnya ternyata sudah meninggal karena rata-rata penerima bantuan sudah usia lanjut.

 

“Saya berpesan kepada perangkat desa agar jangan mengintervensi warganya yang bukan satu Kartu Keluarga untuk mengambil BLT. Jangan dipaksa mengambil BLT agar tidak terjadi kericuhan saat pengambilan bantuan”, pungkas Joko. (*17)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *