Dari Arena Pekan Raya Kendal 2022: Gelar Budaya Wayang Kulit Pentaskan Cerita Ampak-Ampak Wiratha

  • Share

Kendal, medgo.id – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal yang ke-417 yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2022, Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar sebuah event yang bertajuk Pekan Raya Kendal (PRK) 2022, yang berlangsung selama satu pekan dari tanggal 21 hingga 28 Juli 2022.

Event PRK 2022 tersebut, diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal, BUMD, Perusahaan Swasta, dan para pelaku UMKM.

Dalam arena PRK 2022 juga mementaskan seni budaya diantaranya adalah festival barongan dan pagelaran wayang kulit.

Dalam pagelaran wayang kulit, Jum’at (22/7/2022) malam hingga dini hari, dalang Ki Bejo Sudarmadi dari Gemuh, mementaskan sebuah lakon berjudul “Ampak-Ampak Wiratha”.


Sinopsis cerita Ampak-Ampak Wiratha
Dikisahkan Negeri Wiratha yang dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Matswapati adalah sebuah negeri yang aman, tenteram dan damai serta gemah ripah loh jinawi.

Namun atas ulah dari tiga orang punggawa yakni Rupa Kinca, Kincaka Rupa dan Rajamala, telah membuat kekacauan sehingga suasana Negeri Wiratha yang semula aman dan damai menjadi kacau-balau.

Rakyat di seluruh Negeri Wiratha dilanda oleh rasa takut karena banyaknya teror dan ancaman, sehingga suasananyapun benar-benar sangat mencekam.

Dengan kondisi Negeri Wiratha yang kacau-balau tersebut membuat Prabu Matswapati menjadi gundah- gulana dan kehilangan keseimbangan dalam tampuk Pemerintahannya.

Di tengah-tengah kekacauan itu, munculah seorang bernama Jagal Abilawa, putra dari Jagal Welakas, yang tidak tahan melihat kekacauan dan penderitaan melanda negeri yang dicintainya.

Jagal Abilawa dengan segenap keberanian dan jiwa raganya berjuang membebaskan Negeri Wiratha dari cengkeraman Rupa Kinca, Kincaka Rupa dan Rajamala.

Singkat cerita, Jagal Abilawa akhirnya dapat menumpas kezaliman dan kejahatan dari Rupa Kinca, Kincaka Rupa dan Rajamala, sehingga Negeri Wiratha kembali menjadi negeri yang aman, tenteram, dan damai. (*17).

  • Share
Exit mobile version