Cuaca Ekstrim Ancam Jawa Tengah

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Dalam siaran persnya Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, menyampaikan bahwa dari tanggal 8 hingga 10 Februari 2022, memprakirakan di wilayah Jawa Tengah berpotensi terjadinya curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, Selasa (8/2/2022), mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa, dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Jawa Tengah yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

\

“Madden-Julian Oscillation (MJO) yang berada pada kuadran 3 turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia”, kata Sutikno.

Madden Julian Oscillation (MJO) merupakan suatu gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari barat ke timur dengan periode osilasi kurang lebih 30-60 hari. Fenomena ini sangat berdampak terhadap kondisi anomali curah hujan pada suatu wilayah yang dilaluinya.

Bencana tanah longsor di Desa Gonoharjo, Limbangan, Kendal, Jateng, 5 Februari 2023. (Dok. foto: IST).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 8 – 10 Februari 2022, di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

1. Tanggal 8 Februari 2022
Kabupaten Brebes, Pemalang, Kendal,Cilacap, Kebumen, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Wonogiri, Karanganyar, Boyolali, dan sekitarnya, serta Kabupaten/Kota Tegal, Magelang, Pekalongan, Semarang,

2. Tanggal 9 Februari 2022
Kabupaten Kendal, Klaten, Boyolali, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Brebes, Kebumen, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Pati, Kudus, Jepara, Temanggung, Purworejo, Semarang, Pemalang dan sekitarnya.
Kabupaten/Kota Magelang, Tegal, Pekalongan, dan Surakarta.

3. Tanggal 10 Februari 2022
Kabupaten Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Kabupaten/Kota Tegal, dan Pekalongan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi, agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *