Catatan Kaki Kiprah Pemuda Dusun Tambaksari

  • Share

CILACAP, MEDGO.ID – Kehidupan yang semakin individualis dan hedonis, secara perlahan telah melunturkan nilai dan jiwa kegotong-royongan serta kebersamaan, sebuah budaya nan adi luhung yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Namun kiranya hal tersebut tidak berlaku bagi sekelompok pemuda di sebuah dusun kecil yang bernama Tambaksari. Mereka masih tetap bersemangat dalam menjaga dan melestarikan budaya adi luhung bangsanya.
Dusun Tambaksari masuk dalam wilayah Desa Binangun Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Bedah rumah untuk lansia

Mereka menamakan paguyuban itu “Bersama Untuk Satu” atau BTS, sebuah paguyuban Pemuda Dusun Tambaksari yang fokus bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Di bawah komando Purna Wijaya (35 tahun) atau lebih dikenal dengan panggilan Woyo, di saat kondisi sulit seperti saat ini, BTS terus bergerak tanpa kenal lelah dalam menggalang dana dari siapapun yang bersimpati dengan apa yang sudah dilakukan BTS untuk kegiatan bakti sosial kemanusiaan.
Kiprah BTS sangatlah pantas untuk mendapatkan acungan dua jempol.

“Tujuan kami adalah membangun kepedulian warga masyarakat agar mau peduli terhadap sesama yang masih sangat membutuhkan bantuan terutama nasib lansia”, tutur Woyo, ketika di temui di lokasi pembangunan Mushola Al Fattah di RT 2/8 Dusun Tambaksari Desa Binangun.

Pembangunan masjid

Woyo menambahkan, sebelumnya BTS juga telah melakukan bedah rumah sebanyak 5 unit milik 5 orang lansia warga Desa Binangun dan juga membangun sebuah Masjid bernama At Taqwa di RT 2/7.

“Saya bertekad akan terus melakukan kegiatan sosial di luar dusun dan desa Binangun selagi dipercaya dan mampu. Hidup di dunia hanya sekali apalah artinya kalau hidup kita tidak bermanfaat bagi sesama “, ungkap woyo.

Bantuan sembako untuk korban banjir di Kecamatan Bantarsari

Terkait publikasi yang dilakukan, Woyo mengatakan bahwa hal tersebut bukan untuk pamer tapi sebagai bentuk tanggungjawab kepada para donatur yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan ada juga yang dari luar negeri karena tengah merantau mencari nafkah.

Sementara itu, atas ketulusan dan keikhlasan yang dilakukan Woyo bersama rekan-rekannya yang telah membantu warga Binangun yang membutuhkan bantuan, Toto Arifin ketua BPD Desa Binangun dan Kadus Tambaksari Suwitno menyatakan rasa bangganya dan menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kiprah BTS selama ini. (*).
Reporter: Adang.
Kontributor Cilacap: Bambang.

  • Share
Exit mobile version