Bupati Kudus: Seluruh ASN Tidak Boleh Berurusan Dengan Politik Praktis

  • Share

Kudus, medgo.id – Walaupun Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 masih cukup lama yaitu masih 510 hari lagi, namun suhu politik sudah mulai terasa peningkatannya.

Suhu politik mulai menaik diawali dari pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024, pada 1 Agustus 2022 hingga 14 Agustus 2022 lalu, dimana ada sebanyak 40 Parpol yang resmi mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI, dan proses verifikasi administrasi berlangsung hingga 11 September 2022.

\

Suhu politik semakin meningkat lagi dengan adanya pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang mulai dibuka dari tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024, dalam kegiatan Netralitas ASN dan Pencegahan Money Politic dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, di Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus, Selasa (20/9/2022), Bupati Kudus, Jawa Tengah, Hartopo, mengatakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dan seluruh ASN tidak boleh berurusan dengan politik praktis.

“Saya akan menindak tegas ASN yang tidak netral. ASN akan dikenakan sanksi mulai dari sanksi ringan, sedang, hingga berat, tergantung dari pelanggaraan yang dilakukannya. Saya juga meminta kepada Bawaslu agar terus bersinergi dengan BKPP dalam menangani ASN yang tidak netral”, tandas Hartopo.

Bupati Kudus, Hartopo. (Dok. foto: IST).

Menyoroti tentang politik uang, Hartopo mengatakan bahwa masyarakat agar memilih pemimpin yang berkualitas berdasarkan rekam jejaknya bukan karena uang yang diberikan.

Politik uang sangat potensial melahirkan koruptor di kelak kemudian hari. Jangan sampai pembangunan selama lima tahun ke depan tergadaikan hanya karena uang yang tak seberapa”, tegas Hartopo.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan, menandaskan bahwa pihaknya akan mengawasi netralitas para ASN, TNI, maupun Polri.

“Saya meminta kepada Bupati Kudud agar membuat dan menerbitkan surat edaran terkait dengan netralitas ASN. Kami juga siap bersinergi dengan bupati. Masyarakat juga harus berpartisipasi aktif agar tidak ada lagi politik uang”, pungkas Wahibul. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *