Bupati Kendal: Pengembangan Pariwisata Kabupaten Kendal Berbasis Pada Sport Tourism

  • Share

Kendal, medgo.id – Pengembangan pariwisata adalah salah satu bidang prioritas pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Dari sekian banyak Sport Tourism yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal salah satunya adalah olahraga aeromodeling.

\

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar kegiatan berupa jambore aeromodelling berskala nasional, dari tanggal 4-5 Juni 2022, yang dilaksanakan di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel.
Jambore aeromodelling yang bertajuk “Kumpul Terbang Se Nusantara” tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto B.Sc, Sabtu (4/6/2022).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan jambore diikuti oleh 150 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Malang, Bangkalan, Demak, Batang, Cirebon, dan Yogyakarta serta seluruh klub aeromodeling se Jawa Tengah.

“Tujuan dari digelarnya jambore aeromodeling diantaranya adalah untuk menumbuhkan daya minat berolahraga, dan mewujudkan olahraga aeromodelling sebagai salah satu event promosi pariwisata Kabupaten Kendal yang strategis untuk menarik kunjungan wisatawan, serta menumbuhkan ekonomi kreatif bagi para pemuda yang ada di Desa Sumbersari”, papar Ircham.


Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal tetap fokus terhadap pembangunan dan pengembangan pariwisata yang berbasis pada sport tourism.

“Salah satu cabang olahraga yang terus kita dorong adalah cabang olahraga aeromodelling. Mudah-mudahan aeromodelling di Desa Sumbersari ini bisa menjadi percontohan kampung aeromodelling terbaik di Indonesia. Saya komitmen akan terus mengembangkan olahraga aeromodelling di Kabupaten Kendal”, tandas Dico.

Adanya kegiatan jambore Aeromodelling di Desa Sumbersari, lanjut Dico, bisa menjadi kebangkitan perekonomian Kabupaten Kendal.

Sementara itu Ketua Pengurus Aeromodeling Kabupaten Kendal, Sutrisno, mengatakan bahwa pada jambore aeromodeling yang digelar di Desa Sumbersari ini, melombakan 5 kategori lomba diantaranya Indurance, Limbo, dan Combat.

Lebih lanjut Sutrisno mengatakan bahwa dalam perlombaan aeromodeling kali ini untuk juara 1, 2 dan 3, selain mendapatkan tropi dan piagam juga memperoleh uang pembinaan yang totalnya mencapai Rp. 25 juta.

“Ke depannya, saya berharap aeromodeling di Desa Sumbersari ini bisa menjadi ikon di Jawa Tengah dan Indonesia bahkan internasional”, kata Sutrisno.

Sekilas aeromodelling di Desa Sumbersari
Desa Sumbersari adalah salah satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Ngampel, telah merintis olahraga aeromodeling sebagai sport tourism sejak tahun 2020 lalu, dan Kegiatan aeromodeling di Desa Sumbersari tersebut sebenarnya sudah berlangsung beberapa kali.

Olahraga aeromodelling di Desa Sumbersari, digagas dan dirintis oleh Sutrisno, seorang anggota Polri berpangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (AIPTU), yang berdinas di Polda Jawa Tengah. (*).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *