Bupati Kebumen: Berulangkali Saya Tegaskan Sekolah Negeri Gratis

  • Share

Kebumen, medgo.id – Mencuatnya rumor adanya pungutan di SDN 1 Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, setelah dimuat dalam pemberitan oleh salah satu media nasional, mendapatkan tanggapan serius dari Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Jum’at (9/9/2022).

Terkait dengan hal itu, Bupati Kebumen menyatakan bahwa pihaknya sudah meminta Kepada Dinas Pendidikan Kebumen untuk memanggil pihak SDN 1 Kutosari guna dimintai keterangan, dan jika terbukti melanggar maka yang bersangkutan akan dijatuhi sangsi.

\

“Saya sangat menyayangkan masih adanya pungutan terhadap wali murid dan siswa oleh sejumlah sekolah negeri yang masuk dalam kewenangan pemerintah kabupaten. Berulangkali saya menegaskan bahwa sekolah negeri gratis”, tandas Arif. Seperti dikutip dari laman resmi kebumenkab.go.id.

Sekali lagi saya ingatkan, Lanjut Arif, pihak sekolah tidak lagi melakukan pungutan terhadap siswa atau wali murid, karena seluruh biaya kebutuhan sekolah sudah tercover dalam Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012.

SDN 1 Kutosari Kecamatan Kebumen. (Dok. foto:IST).

“Di Pasal 9 Ayat 1 itu disebutkan bahwa satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan. Poinnya sangat jelas. Jika masih ada yang kedapatan melakukan pungutan terhadap siswa atau wali murid, maka saya tidak akan menandatangani gaji dan tunjangan guru”, tandas Arif.

Bupati Kebumen memaparkan bahwa alokasi anggaran untuk pendidikan yang diambil dari APBD cukup besar yakni sekitar 37 persen atau sebesar Rp. 1.083.972.704.000.

“Dana tersebut digunakan untuk gaji pegawai/guru, belanja jasa GTT, atau PTT SD, pengolaan dana BOS, pemberian beasiswa kurang mampu, pengelolaan dana BOP Paud/TK dll”, pungkas Arif. (*17).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *