Bumi Perkemahan Yudhistira Desa Sidomakmur

  • Share

Kendal, medgo.id – Bumi Perkemahan Yudhistira, adalah sebuah areal seluas kurang lebih satu hektar yang dirancang untuk kegiatan di luar ruangan seperti out bond, dan kemah pramuka. Berada di Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bumi perkemahan tersebut berada di dalam areal hutan milik Perum Perhutani Divre Jawa Tengah, KPH Kendal, RPH Pongangan, sebagai kawasan Wana Wisata Rintisan (WWR), dan merupakan bagian dari kawasan Taman Buah Sidomakmur.

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryanto, Sabtu (13/8/2022) malam, mengatakan bahwa setelah dipersiapkan selama dua bulan, Bumi Perkemahan Yudhistira bisa digunakan sebagai tempat untuk kegiatan seperti kemah pramuka yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kaliwungu Selatan.

“Adalah sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi Desa Sidomakmur karena untuk kali pertama yaitu pada hari Sabtu 13 Agustus 2022 malam, Bumi Perkemahan Yudhistira digunakan oleh Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, yaitu untuk penyelenggaraan perkemahan ulang janji penegak, yang sekaligus untuk menyambut dan memperingati memperingati HUT Pramuka ke-61 tahun 2022”, kata Bambang.

Penyelenggaraan perkemahan dari Kwarran Kaliwungu Selatan tersebut, lanjut Bambang, adalah salah satu sarana dan upaya untuk lebih memperkenalkan Taman Buah Sidomakmur sebagai daerah tujuan wisata kepada masyarakat luas.

“Muara dari seluruh kegiatan yang digelar di Bumi Perkemahan Yudhistira adalah untuk menarik minat masyarakat untuk mengunjungi Taman Buah Sidomakmur. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengunjungi Taman Buah Sidomakmur, maka sudah tentu akan berpengaruh juga pada gerak perekonomian warga Desa Sidomakmur”, tutur Bambang.

Untuk sarana dan prasarana penunjang, pungkas Bambang, saat ini tengah dipersiapkan untuk arena bermain seperti lintasan mini trail, flying fox, dan panjat dinding. (*17).

 

  • Share
Exit mobile version