Beli Puluhan Butir Pil Obat Psikotropika Secara Online Seorang WNA Dicokok Polisi

  • Share

MAGELANG, MEDGO.ID – Kepolisian Resor (Polres) Magelang, Polda Jawa Tengah, berhasil ungkap kasus penyalahgunaan obat-obatan psikotropika yang dilakukan oleh seorang laki-laki Warga Negara Asing (WNA), Rabu ( 1/12/2021).

Dalam keterangannya, Kapolres Magelang, AKBP Muchammad Sajarod Zakun, mengatakan bahwa pengungkapan tersebut atas informasi dari masyarakat yang mendapati adanya sebuah paket yang mencurigakan dengan tujuan pengiriman kepada seorang yang bernama RWSS yang beralamat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Magelang, pada Jum’at (26/11/2021). Seperti dikutip dari Humas Polda Jateng.

“Petugaspun langsung melakukan penggeledahan dan menangkap RWSS di kediamanya. Dari hasil penggeledahan, anggotanya menemukan sebuah paket berisi 9 (sembilan) lembar/strip Mersi Valdimex 5 Diazepam 5 Mg yang setiap lembar/strip berisi 10 (butir sehingga jumlah total 90 butir, 4 lembar/strip Riklona 2 Clonazepam 2 Mg berisi 10 butir sehingga total jumlahnya 40 butir”, papar Kapolres.

Dari keterangan tersangka, lanjut Kapolres, untuk mendapatkan barang-barang tersebut RWSS membelinya secara online.

‘Kepada petugas, tersangka mengaku bahwa dirinya mengidap penyakit depresi, insomnia dan paranoid sehingga nekad membeli obat-obatan psikotropika tersebut. Tersangka juga mengaku tidak mengetahui hukum yang berlaku di Indonesia dan membeli psikotropika tanpa resep dokter atau izin pihak yang berwenang. Tapi kami masih terus medalaminya”, kata Kapolres.

Atas perbuatannya, imbuh Kapolres, tersangka akan dijerat dengan pasal 62 Undang-Undang No 5 Tahun 1997 Tentang Psikotropika dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah. (*).
Pewarta: Adang.

  • Share
Exit mobile version