Bawaslu Kendal dan Awak Media Raker Antisipasi Pelanggaran Media Massa

  • Share
banner 468x60

 

Keterangan foto: Rapat Kerja Teknis Bawaslu Kendal dengan awak media, Jum’at (16/10/2020). (Dok. foto:AD1).
KENDAL, MEDGO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, menggelar rapat kerja teknis (rakernis) dengan para jurnalis media massa bertemakan “Antisipasi Terjadinya Pelanggaran Media Massa Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kendal Tahun 2020”, Jum’at (16/10/2020), di hotel Sae In Kendal.
Rakernis dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal Odilia Amy Wardayani.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal menyampaikan bahwa Pilkada yang demokratis bisa berjalan dengan baik jika semua yang terlibat mematuhi aturan yang telah ditetapkan, berintegritas dan bermartabat.

“Media adalah salah satu faktor penting yang sangat menentukan karena pers sebagai salah satu pilar demokrasi yang sangat diharapkan mampu memberikan informasi yang benar dan berimbang”, kata Odilia.

Odilia menambahkan bahwa hal tersebut sejalan dengan ayat 3 pasal 54 PKPU 4/2017, bahwasanya media massa cetak, media massa elektronik, dan lembaga penyiaran mematuhi kode etik jurnalistik, etika penyiaran, dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu Arief Mustofifin dari Bawaslu Kendal terkait dengan iklan kampanye mengatakan bahwa pentingnya memahami ketentuan yang tertera dalam Pasal 69 UU Pemilu tentang larangan kampanye.

“Iklan kampanye di medsos tidak boleh mempersoalkan dasar negara, menghina seseorang, menghasut, mengadu domba, memfitnah, menggunakan ancaman kekerasan, mengganggu keamanan, serta larangan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, menyoal penayangan iklan kampanye, Arief mengingatkan bahwa iklan kampanye di media sosial ini hanya bisa dilakukan pada masa kampanye, yaitu selama 14 hari sebelum dimulainya masa tenang. Sama halnya dengan iklan di media cetak dan media elektronik. Hal ini akan kita awasi bersama-sama”, paparnya.

Arif menambahkan, jumlah penayangan iklan kampanye di medsos untuk setiap paslon paling banyak lima konten per akun resmi setiap harinya selama penayangan iklan kampanye. (AD1).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *