Balik Rantau Gratis Bagi Perantau Asal Jawa Tengah

  • Share
banner 468x60

BOYOLALI, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada Idhul Fitri tahun 2022, bekerjasama dengan Baznas Jateng, BUMD Jateng, Sido Muncul, NCM, Batubara Mandiri, dan Jasa Raharja, selain menyelenggarakan program mudik gratis bagi para perantau asal Jawa Tengah yang ada di Jakarta dan sekitarnya, juga menyelenggarakan program atau fasilitas Balik Rantau.

Program tersebut dilakukan di beberapa titik, salah satunya adalah di Asrama Haji Donohudan, dimana ada sebanyak 32 bus pariwisata disiapkan untuk mengangkut 1.495 orang penumpang warga Solo Raya dan setiap bus berisikan antara 44-50 orang penumpang.

Dalam laporannya kepada kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, yang berada di terminal mangkang, Sabtu (7/5/2022), yang dilakukan secara daring dari Asrama Haji Donohudan, Asisten Pemerintahan Sekda Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan bahwa semua penumpang maupun kru bus sudah melalui skrining kesehatan.

“Selain penumpang dan kru bus, armada bus yang digunakan pun sudah dicek, dimana semuanya dinyatakan dan dipastikan laik jalan”, kata Yuli.

Program Balik Rantau dari Pemprov Jawa Tengah itu ternyata disambut antusias oleh masyarakat warga Solo Raya.
Adalah Rochim, warga Boyolali, yang biasanya mengeluarkan biaya transportasi untuk kembali ke perantauannya di Jakarta, kali ini tidak perlu merogoh koceknya.

“Terima kasih banyak saya sampaikan kepada Pemprov Jateng, dan kepada Pak Ganjar yang sudah mengadakan program balik ini. Saya benar-benar sangat terbantu”, kata Rochim, yang balik ke Jakarta bersama kedua anaknya.

Lebih lanjut Rochim mengatakan bahwa penghasilannya sebagai kuli bangunan yang tak seberapa, sangat terasa jika harus mengeluarkan untuk biaya transportasi.
“Saat lebaran, harga tiket bisa mencapai minimal Rp. 400 ribu per orang untuk sekali jalan, belum lagi untuk tiket balik ke perantauan”, ungkap Rochim.

Demikian juga yang disampaikan oleh Sri, warga Andong Boyolali, yang hendak kembali ke Pluit Jakarta Utara.

“Saya sangat terbantu dengan adanya program Balik Rantau dari Pemprov Jawa Tengah. Apalagi saat ini saya memiliki bayi yang baru berusia dua bulan. Dengan memanfaatkan Balik Rantau, saya tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos transport dan berulang kali ganti angkutan. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *