Aplikasi Kendal Karier Permudah Pencari Kerja Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan

  • Share

Kendal, medgo.id – Sebagai upaya mempermudah para pencari kerja, khususnya bagi warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, untuk bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal telah meluncurkan aplikasi Kendal Karier.

Dengan adanya aplikasi Kendal Karir, diharapkan mampu menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Kendal.
Untuk bisa mengaksesnya, aplikasi Kendal Karier dapat diunduh secara gratis di play store.

Untuk perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, juga sudah bisa mengakses aplikasi Kendal Karier untuk merespon dan menyeleksi para pencari kerja yang ada, sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

Sementara itu, untuk jenjang pendidikan dari para pencari kerja, imbuh Cicik, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu mulai dari lulusan SMP hingga sarjana.

Selain itu, Pemkab Kendal juga telah meluncurkan Program Eksklusif Pelatihan Siap atau Prestasi, sebuah program pelatihan dan penyaluran bagi para tenaga kerja setelah mengikuti pelatihan dimana pelatihan tersebut tanpa biaya apapun atau gratis.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri, Kamis (19/2022), usai mengikuti kegiatan kunjungan Menteri Keuangan Singapura, di Pendopo Bahurekso, Kendal.

Lebih lanjut, Cicik Sulastri mengatakan bahwa dari data Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pengangguran, sehingga sangat perlu adanya penurunan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Kendal.

“Di dalam aplikasi Kendal Karir ini bisa diperoleh berbagai informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Hingga saat ini sudah ada 22 perusahaan yang bekerjasama dengan Pemkab Kendal”, kata Cicik.

Untuk lebih memperluas lapangan pekerjaan, lanjut Cicik, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, juga akan menjalin kerja sama dengan perusahaan yang ada di luar Kabupaten Kendal, dan saat ini sudah ada dua perusahaan yang berasal dari luar Kabupaten Kendal.

Terkait dengan pelatihan bagi para calon pencari kerja, lebih jauh Cicik menyampaikan bahwa pihak perusahaan bisa mengadakannya secara mandiri atau bekerjasama dengan Pemkab Kendal.

“Dalam hal pelatihan tenaga kerja tersebut, Pemkab Kendal bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI untuk memfasilitasinya”, ungkap Cicik.(*).

  • Share
Exit mobile version