Aplikasi Kendal Karier Berhasil Salurkan 1.000 Orang Pencari Kerja

  • Share

Kendal, medgo.id – Untuk menurunkan dan menekan angka pengangguran, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, salah satunya adalah dengan meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Kendal Karier dimana peluncurannya diresmikan telah dilakukan pada Kamis 19 Mei 2022.

Aplikasi Kendal Karier diperuntukkan bagi warga masyarakat Kabupaten Kendal yang telah berusia 18 tahun ke atas guna mencari lowongan pekerjaan.
Aplikasi Kendal Karier juga berfungsi untuk mempertemukan antara penyedia kerja, pencari kerja, dan BKK di Kabupaten Kendal, dimana Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal sebagai pengelolanya.

\

Untuk lebih memasyarakatkan aplikasi Kendal Karier, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal, Selasa (15/11/2022), bertempat di aula Kantor Kecamatan Ngampel, melaksanakan sosialisasi tentang aplikasi Kendal Karier.

Kepala Disperinaker Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri, mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada 3.200 orang pencari kerja warga Kabupaten Kendal yang telah mengunjungi dan mendaftar melalui aplikasi Kendal Karier.

“Dari 3.200 orang pencari kerja itu, ada sebanyak 1.000 orang yang sudah disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK)”, Terang Cicik.

Secara keseluruhan, imbuh Cicik, KIK telah mampu menyerap sebanyak 4.500 tenaga kerja asal Kabupaten Kendal, baik melalui aplikasi maupun melalui Dinas Perindustrian.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, yang juga hadir dalam kegiatan sosialisasi tentang aplikasi Kendal Karier, mengatakan bahwa aplikasi Kendal Karier dibuat untuk memudahkan masyaraka yang tengah bersungguh – sungguh mencari pekerjaan.

“Keuntungan menggunakan aplikasi Kendal Karier adalah telah terjalin sebuah kerjasama antara swasta dan pemerintah, dan lebih mudah diterima di perusahaan serta mendapatkan sertifikat keahlian. Saya berharap, masyarakat bisa memanfaatkan secara maksimal aplikasi tersebut, sehingga pada tahun berikutnya angka pengangguran dapat menurun”, pungkas Dico. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *