Apel Kehormatan dan Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan Kusuma Jati

  • Share

Kendal, medgo.id – Sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, digelar acara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Jati, Kendal, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022) pukul 00.00 WIB.

Bertindak selaku Inspektur upacara, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, dan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kapolsek Patebon, AKP Miyardi.

\

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Pj. Sekda Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam H, Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun, Wakil Ketua DPRD Kendal, Aunurokhim, dan anggota DPRD Kendal, R. Aritonang.

Tampak hadir pula seluruh Kepala OPD Kendal diantaranya adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Suharjo, dan Kepala Pelaksana BPBD, Sigit Sulistyo, dan Kepala Dispermasdes Kendal, Yanuar Fatoni.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, seusai mengikuti apel mengatakan bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Kendal harus merenungkan tentang apa yang sudah diperbuat dan dilakukan serta diperjuangkan oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Kewajiban kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan dari para pahlawan agar apa yang telah diperjuangkan serta dicita-citakannya yaitu masyarakat yang sejahtera bisa terwujud”, kata Dico.

Kepada para generasi muda Kendal, tandas Dico, dimanapun berada, dan apapun profesinya, agar selalu berusaha untuk berbuat baik serta memberikan kontribusinya bagi kemajuan Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Pj. Sekda Kendal, Ir. Sugiono, mengatakan bahwa dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ada tiga hal yang bisa kita dilakukan yaitu mendo’akan para pahlawan semoga diterima di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala, meneladani apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, dan berdo’a kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita diberikan kemuliaan seperti kemuliaan yang diberikan kepada para pahlawan.

Terkait dengan kondisi generasi muda saat ini, terutama dengan dekadensi moral yang terjadi, Ir. Sugiono menandaskan bahwa para generasi muda harus mendapatkan pendidikan karakter.

“Dengan mengikuti kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bisa menjadi sarana pendidikan karakter yang sekaligus untuk meningkatkan rasa atau jiwa nasionalisme para generasi muda”, pungkas Sugiono. (*17).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *