Antisipasi Krisis Pangan Di Indonesia Kodam IV/Diponegoro Dukung Penuh Program Pemerintah

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Membahas tentang perwujudan ketahanan pangan nasional dalam mengantisipasi ancaman krisis pangan di wilayah Kodam IV/Diponegoro, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro, Brigjen TNI Parwito, Jum’at (04/03/2022), menerima kunjungan kerja dari Marsma TNI Drs. Andy M. Taufik, M. Def, Stud, selaku ketua Tim Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI, di Ruang Bina Yudha Makodam IV/Diponegoro.

Dalam paparannya, Waaster Kasdam IV/Diponegoro, Letkol Kav Muhamad Sarif Prawira Negara Matondang SE,MM, menyampaikan bahwa saat ini di Jawa Tengah ada baku lahan sawah seluas 1.049.661 hektar yang tersebar di 29 Kabupaten dan 6 Kota. Namun demikian masih terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam mengantisipasi ancaman krisis pangan di wilayah Kodam IV/Diponegoro seperti ketersediaan pangan, distribusi pangan, komsumsi pangan, keamanan pangan serta jaminan mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).


“Beberapa upaya Kodam IV/Diponegoro dalam mengatasi kendala tersebut, yakni dengan melakukan pengelolaan cadangan pangan bagi pemerintah maupun masyarakat serta pemanfaatan lahan pekarangan maupun lahan marginal, dengan harapan ancaman krisis pangan di wilayah Kodam IV/Diponegoro dapat teratasi”, ujar Letkol Kav Muhamad Sarif.

Sementara itu, terkait dengan hal tersebut, Marsma TNI Drs. Andy mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan kerjanya tersebut yakni untuk mengantisipasi kemungkinan adanya potensi krisis pangan yang dapat mengancam ketahanan maupun stabilitas negara Indonesia.

“Jangan sampai hal-hal yang sebenarnya bisa kita antisipasi di awal tetapi kita tidak melakukannya, sehingga ujung-ujungnya menjadi krisis pangan lalu menjadi krisis politik”, tandas Marsma TNI Drs. Andy.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, Brigjen TNI Parwito mengucapkan terimakasih kepada Tim Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI atas kehadirannya dalam memberikan pemahaman terkait dengan program ketahanan pangan yang akan dilaksanakan ke depannya, serta mendukung penuh langkah langkah maupun upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi krisis pangan di Indonesia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Waasops Kasdam IV/Diponegoro Letkol lnf. Muchtar M., Wakapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si., serta seluruh pejabat terkait.
Sumber: Pendam IV/Diponegoro.
Pewarta: Adang.

  • Share
Exit mobile version