Aksi Unjuk Rasa KSPI Dibubarkan Polrestabes Semarang Secara Humanis

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Personil dari Polrestabes Semarang, Polda Jawa Tengah, yang dipimpin oleh Wakasat Samapta Polrestabes Semarang, Kompol R Justinus PT, Rabu (25/8/2021), membubarkan aksi unjuk rasa yang terjadi di beberapa pabrik di wilayah kota Semarang.

Kasi Humas Polrestabes Semarang, AKP Faisal Liza, mengatakan bahwa aksi unjuk rasa yang berlangsung pada sekitar pukul 10.00 WIB tersebut dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

\

Lebih lanjut AKP Faisal menyampaikan bahwa pembubaran aksi unjuk rasa dilakukan setelah sebelumnya Sat Intelkam Polrestabes Semarang, Polda Jawa Tengah, mendapatkan informasi dimana telah terjadi unjuk rasa buruh. Personil yang terlibat merupakan personil gabungan dari Polsek jajaran yang ada di wilayah hukum Polrestabes Semarang.

“Unjuk rasa terjadi di beberapa lokasi antara lain di PT. Ciubros Farma yang beralamat di jalan raya Mangkang Kulon No 16 Tugu Semarang, PT. Semeru Karya Buana yang berlokasi di Kawasan Industri Wijaya Kusuma Blok B 09 Km 12 Semarang dan PT. Sami yang berada di Jalan Walisongo KM 9,8 Semarang”, kata AKP Faisal.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kapolrestabes Semarang, Kombes. Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum, dalam keterangannya yang disampaikan oleh Wakasat Samapta, Kompol R Justinus PT, mengatakan bahwa pembubaran aksi unjuk rasa yang dilakukan sesuai dengan Instruksi Menteri dalam negeri nomor 35 tahun 2021 tentang PPKM level 4, 3, dan 2 di wilayah Jawa dan Bali dan instruksi walikota Semarang nomor 3 tahun 2021 tentang PPKM level 3 Kota Semarang, dimana segala kegiatan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan untuk sementara tidak diperbolehkan.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut dilakukan oleh kurang lebih 25 orang anggota KSPI dengan tuntutan antara lain selamatkan nyawa buruh, hentikan penularan Covid – 19., hentikan ledakan PHK, batalkan Omnibus Law Cipta Kerja, berlakukan UMSK dan UMK 2022 yang berkeadilan.

Proses pembubaran aksi unjuk rasa oleh Personel Polrestabes Semarang dilakukan secara humanis dengan memberikan himbauan serta edukasi kepada koordinator lapangan (korlap) aksi unjuk rasa tersebut bahwa keramaian atau kerumunan akibat adanya aksi unjuk rasa tersebut sangat berpotensi menularkan virus covid-19 dan dapat merugikan kita semua baik buruh pekerja sendiri maupun pelaku usaha lainnya.

Pembubaran aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Personel Polrestabes Semarang berjalan aman dan tertib serta dapat dicegah kerumunan orang yang semakin banyak. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *