Agus Sarwono: Baru 35 Perusahaan Yang Melaporkan Jadwal Pembayaran THR

  • Share

TEMANGGUNG, MEDGO.ID – Di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah hingga akhir April 2021, ada sebanyak 90 perusahaan yang mempunyai kewajiban untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan.

Namun dari jumlah tersebut, hingga akhir bulan April 2021, baru ada 35 perusahaan yang telah melaporkan jadwal pembayaran THR. Masih ada 55 perusahaan yang belum melaporkan jadwal pembayaran keagamaan.

\

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono, Minggu (2/5/2021). Seperti dikutip dari temanggungkab.go.id.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono.

Agus mengatakan bahwa ke-35 perusahaan yang telah melaporkan jadwal pembayaran THR tersebut, telah sepakat akan membayarkan hak-hak para pekerjanya secara penuh.

“Akan tetapi, ada juga perusahaan yang akan membayar THR tersebut tidak secara penuh, namun disesuaikan dengan kemampuan perusahaan karena terdampak pandemi”, kata Agus.

Agus memaparkan bahwa jumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Temanggung saat ini ada sebanyak 272 perusahaan, yang terdiri dari 35 perusahaan besar, 70 perusahaan sedang dan 167 perusahaan kecil.

“Dari jumlah tersebut, perusahaan yang kami kirimi surat untuk melaporkan jadwal pembayaran THR ada sebanyak 90 perusahaan besar dan sedang. Kami juga telah memberi surat edaran untuk melaporkan jadwal pembayaran THR tersebut jauh-jauh hari sebelumnya”, ujar Agus.

Sebenarnya, lanjut Agus, untuk melaporkannya juga sangat mudah karena hanya melalui websitenya Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung. Namun demikian, ternyata masih banyak juga perusahaan yang belum melaporkan.

Adanya fakta dimana masih banyaknya perusahaan di Temanggung yang belum melaporkan jadwal pembayaran tersebut, maka pihaknya akan segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan-perusahaan tersebut.

“Nantinya, ada tiga tim dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Temanggung akan sidak ke perusahaan-perusahaan yang belum melaporkan jadwal pembayaran THR”, tandas Agus.

Masih banyaknya perusahaan –perusahaan tersebut belum melaporkan jadwal pembayaran THR, Agus menduga karena belum adanya kesepakatan antara perusahaan dengan serikat pekerjanya, yang terkait dengan besarnya THR dan juga waktu pembayarannya. (*).
Pewarta: Adang.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *