884 Anak Dapat CSR Hasil Pengelolaan Pantai Indah Kemangi

  • Share

Kendal, medgo.id – Desa Jungsemi, adalah sebuah desa di Pesisir Utara Pulau Jawa yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Selain potensi di bidang pertanian, Desa Jungsemi juga memiliki potensi alam berupa pantai yang sangat prospektif dengan eksotikanya, yang jika dikembangkan akan menjadi daerah tujuan wisata andalan.

Pantai Indah Kemangi, sungguh sangat disayangkan jika terlewatkan dari agenda para traveler. Pantai yang eksotis berhiaskan rimbunnya pohon cemara itu wajib untuk disambangi.
Di pagi hari kita bisa menikmati kehangatan terbitnya sang mentari dan di sore hari kita dapat melihat sang surya pergi ke peraduannya.


Pantai Indah Kemangi, hanya berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Kendal, dan 45 km dari Bandar Udara Ahmad Yani Semarang.
Jalan menuju Pantai Indah Kemangi juga sudah cukup bagus dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.
Sementara itu, harga tiket masuk ke obyek wisata juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 5 ribu per orang. Selain itu fasilitas untuk rehat dan bersantai menikmati keindahan pantai juga telah tersedia.

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki, saat ditemui oleh medgo.id di Pantai Indah Kemangi, Kamis (30/6/2022) sore, mengatakan bahwa setelah dilakukan pembenahan beberapa fasilitas seperti perbaikan akses jalan, fasilitas MCK, kios pedagang dan beberapa fasilitas lainnya, dari hari ke hari pengunjung yang datang ke Pantai Indah Kemangi semakin bertambah.

Dasuki juga menyampaikan bahwa untuk kegiatan atau pengelolaan di loka wisata ada sebanyak 8 orang karyawan tetap yang terdiri dari 4 orang penjaga loket pintu masuk dan 4 orang tenaga kebersihan, yang kesemuanya adalah warga Desa Jungsemi sendiri.

Terkait dengan jumlah kunjungan wisatawan, Dasuki menyampaikan bahwa untuk hari-hari biasa selain hari libur, wisatawan yang datang rata-rata 500 orang, tapi pada hari libur atau hari minggu pengunjungnya bisa mencapai 2.000 hingga 2.500 orang.

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, lanjut Dasuki, pendapatan dari tiket masuk juga ikut terdongkrak naik hingga mencapai angka yang cukup besar.

“Pendapatan kita mencapai Rp. 75-Rp. 80 juta per bulan. Namun itu pendapatan bruto karena belum dikurangi dengan biaya-biaya”, papar Dasuki.

lebih lanjut, Dasuki menjelaskan bahwa dari hasil pengelolaan Pantai Indah Kemangi selama dua tahun pengelolaan dari tahun 2021 dan 2022, pada bulan Januari 2022 dan Juni 2022, telah disalurkan dana CSR bagi 884 anak-anak TK, PAUD, TPQ, Madrasah Diniyyah dan Al Wustho’, dimana setiap anak menerima Rp. 25.000 per bulan selama 6 bulan.

“Jadi setiap anak menerima sebesar Rp. 300 ribu dalam satu tahun”, tandas Dasuki.


Untuk memberikan kesempatan berusaha atau berdagang bagi warga Desa Jungsemi, Dasuki memaparkan bahwa ada sebanyak 68 kios yang disediakan secara gratis tanpa sewa dan juga tidak ditarik retribusi.

“Para pedagang tersebut tidak dipungut biaya apapun, mereka hanya diminta bantuannya sebesar Rp. 6 ribu per minggu untuk kebersihan”, tandas Basuki. (*).

 

  • Share
Exit mobile version