55 Orang Dalang Mentas Di Hari Wayang Sedunia

  • Share

Klaten, medgo.id – Bertempat di Halaman Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Dewan Kesenian dan Persatuan Pedalang Indonesia (Papadi) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan tajuk “Malayang Hayu” menggelar pentas seni wayang kulit untuk memperingati Hari Wayang Dunia ke VIII tahun 2022.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, Suwito Radyo, Senin (14/11/2022), mengatakan bahwa pagelaran seni seni wayang kulit tersebut dipentaskan selama lima hari dari tanggal 13,14,17,18 dan 19 November 2022 dengan menghadirkan sebanyak 55 orang dalang.

\

“Kabupaten Klaten ini kondang dengan sebutan sebagai Kota Dalang. Dimana Pemerintah Kabupaten Klaten dan masyakatnya memiliki perhatian khusus bagi upaya perlindungan dan pemanfaatan seni budaya khususnya di bidang pedalangan”, kata Suwito.

Tema Malayang Hayu, imbuh Suwito, memiliki konsep dimana wayang sebagai sumber kedamaian. Wayang hendaknya bisa memposisikan keragaman dan perbedaan karya seni menjadi pilar penyangga bangsa dalam mewujudkan keselarasan dan keharmonisan negara yang kuat.

“Wayang selain sebagai sarana komunikasi dan edukasi, juga harus mampu menjadi pemersatu dari keniscayaan perbedaan budaya sehingga tetap terpelihara semangat patriotisme dan nasionalisme yang mengapresiasi keberagaman untuk kepentingan pembangunan”, tandas Suwito.

Sementara itu, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, saat membacakan sambutan tertulis dari Bupati Klaten, mengungkapkan bahwa sudah seharusnya bangsa Indonesia bangga dan bersyukur telah diwarisi mahakarya budaya yaitu wayang yang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai warisan budaya dunia.

“Pemerintah telah menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional Dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018”, kata Yoga.

Peringatan Hari Wayang Sedunia ini, lanjut Yoga. adalah sebuah langkah stategis sebagai upaya untuk menjaga kelestarian wayang dan juga untuk membumikan wayang di bumi Nusantara ini serta mengangkat derajat wayang setinggi -tingginya di tingkat dunia, sehingga wayang akan tetap lestari berkembang dan agung tanpa meninggalkan adi luhurnya. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *