33 Desa Di 14 Kecamatan Rawan Bencana Kekeringan

  • Share

KAB. SEMARANG, MEDGO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Jawa Tengah, telah menyiapkan bantuan air bersih bagi warga yang berada di daerah rawan kekeringan dan kesulitan air bersih.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto, Senin (26/4/2021), usai upacara hari kesiapsiagaan bencana tingkat Kabupaten Semarang di halaman Kantor BPBD setempat.

“Memasuki musim kemarau tahun 2021, BPBD Kabupaten Semarang telah memetakan 14 dari 19 kecamatan masuk kategori rawan kekeringan. Dari 14 kecamatan tersebut, sebanyak 77 dusun di 33 desa termasuk sangat rawan kekeringan”, kata Heru. Seperti dikutip dari Semarangkab.go.id.

Menurut Heru, pihaknya telah menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 163 tanki dengan kapasitas masing-masing 5 ribu liter dan jumlah tersebut bisa ditambah sesuai kebutuhan.

“Bantuan air bersih juga didukung dari Pemprov Jateng serta partisipasi perusahaan swasta”, papar Heru.

Sementara itu, Bupati Semarang, Ngesti Nugroho, menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi bencana kekeringan dan kebakaran, pihaknya telah menyiapkan anggaran bantuan dan memetakan desa-desa wilayah yang berpotensi terjadi bencana.

“Penanganan bencana akan dilakukan secara terpadu dengan pihak-pihak terkait. Sehingga jika ada permintaan bantuan termasuk air bersih kita sudah siap”, pungkas Ngesti. (*).
Pewarta: Adang.

 

  • Share
Exit mobile version