30 Sekolah Dasar Se Kecamatan Cepiring Ikuti Lomba MAPSI

  • Share

Kendal, medgo.id – Koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan (Korwilcam Biddik) Kecamatan Cepiring, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (disdikbud) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022), menggelar lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) tahun 2022 Tingkat Sekolah Dasar, bertempat di SD Negeri 2 Gondang.

Penanggungjawab Kegiatan, Rindang Sumilir S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan lomba tersebut diantaranya bertujuan untuk membentuk anak didik yang mempunyai intregitas diniyyah dan loyalitas nasional, sehingga akan memiliki karakter, watak dan kepribadian dengan landasan keimanan dan ketaqwaan serta nilai-nilai akhlaqul karimah, yang akan memberi corak pembentukan watak bangsa.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan, Tri Ratna Widawati S.Pd, M.Si, mengatakan bahwa Lomba tersebut diikuti oleh 30 Sekolah Dasar Negeri dan swasta yang ada di Kecamatan Cepiring.

“Setiap jenis lomba diikuti oleh siswa putra dan putri. Perlombaan dibagi dalam dua bidang lomba yaitu bidang lomba mata pelajaran pendidikan Agama Islam terdiri dari lomba mapel PAI, lomba ibadah shalat dan wudhu serta lomba adzan dan iqomah. Yang Kedua adalah bidang lomba seni Islami antara lain lomba Tik Islami, Cabang Hifzil Qur’an, lomba tilawat Qur’an, lomba kaligrafi Al-Qur’an, lomba khitebah, lomba Macapat Islami, dan lomba musik rebana”, papar Tri Ratna.

Korwilcam Biddik Kecamatan Cepiring, Tyas Pudiastuti SPd, MPd (kiri), dan Ketua Panitia Lomba MAPSI, Tri Ratna Widawati S.Pd, M.Si (kanan). (Dok.foto: adp).

Lomba-lomba tersebut, imbuh Tri Ratna, dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

“Siswa yang menjadi juara 1 dalam lomba MAPSI ini akan mengikuti lomba di tingkat kabupaten. Jika menjadi juara 1 di tingkat kabupaten, selanjutnya akan mengikuti lomba di tingkat provinsi”, tutur Tri Ratna.

Sementara itu, Korwilcam biddik Kecamatan Cepiring, Tyas Pudiastuti SPd, MPd, menyampaikan bahwa lomba MAPSI merupakan program tahunan yang terselenggara secara rutin.

‘Selain lomba MAPSI, ada juga kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang sudah terlaksana pada bulan Juni 2022 lalu. Kemudian ada lomba di bidang olahraga khusus cabang olahraga sepakbola yaitu Gala Siswa Indonesia (GSI)”, kata Tyas.

Terkait dengan pembiayaan lomba, Tyas menyampaikan bahwa seluruh kegiatan lomba telah dianggarkan di dalam Biaya Operasional Sekolah (BOS), sehingga dalam penyelenggaraannya tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan baik serta lancar.

“Mengapa lomba-lomba tersebut anggarannya dari BOS, karena kegiatan lomba tersebut adalah sebagai sarana untuk peningkatan kompetensi siswa”, pungkas Tyas. (*17).

  • Share
Exit mobile version