2.353 Desa Di Jawa Tengah Mandiri Energi

  • Share

Semarang, medgo.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.

Dari 8.500 desa/kelurahan yang ada di Jawa Tengah Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 2.353 desa/kelurahan yang mandiri energi yang terdiri dari 2.167 desa mandiri energi inisiatif, 160 desa mandiri energi berkembang, dan 26 desa mandiri mapan.

\

Demikian yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, Selasa (15/11/2022).

Dengan pencapaian tersebut, Sujarwanto menuturkan bahwa Provinsi Jawa Tengah menjadi percontohan dalam pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) secara nasional.

“Kita berkomitmen untuk terus melakukan upaya dan pengembangan EBT dan transisi. Namun pengembangan EBT dan transisi energi di Jawa Tengah itu juga tidak terlepas dari peran serta pihak-pihak non pemerintah, baik kerja sama bersama swasta maupun masyarakat”, terang Sujarwanto.

 

Lebih lanjut Sujarwanto mengatakan pemanfaatan energi terbarukan di Jawa Tengah dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Mikro hidro, Panas Bumi, dan Sampah, serta pemanfaatan energi non listrik seperti biodiesel, biogas, biomasa, dan biogenic shallow gas atau gas rawa

“Keberhasilan transisi energi tersebut akan memberikan beragam manfaat diantaranya, adalah biaya sistem kelistrikan yang lebih murah, diversifikasi ekonomi, pengembangan industri baru, munculnya lapangan kerja hijau, perbaikan kualitas udara, tanah, dan air, serta penurunan biaya kesehatan”, tandas Suharwanto.

Di Jawa Tengah, imbuh Sujarwanto, dalam transisi energi secara mandiri peran seluruh masyarakat juga sudah terlihat dan terefleksi dari kegiatan Jelajah Energi yang dilaksanakan untuk kali kedua dalam tahun 2022.

Terkait dengan kesuksesan Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan EBT, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah diundang secara khusus oleh oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) sebagai salah satu co-chair Civil 20 (C20 Indonesia), untuk sharing keberhasilan pengembangan EBT dalam rangkaian acara G20 side event dan Energy Transition Working Group (ETWG) Meeting di Bali, beberapa waktu lalu. (*17).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *