10,2 Miliar Untuk Tingkatkan Jaringan Irigasi

  • Share

TEMANGGUNG, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 10,2 miliar pada 2021 untuk pembangunan peningkatan jaringan irigasi, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi dalam mendukung ketahanan pangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang ( DPU PR) Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana, saat melakukan peninjauan pembangunan irigasi di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak, Jum’at (23/7/2021), mengatakan bahwa Kabupaten Temanggung menjadi kabupaten penerima DAK peningkatan irigasi paling banyak di wilayah eks-Karesidenan Kedu, karena daerah lain hanya menerima antara Rp. 3-Rp. 5 miliar.

\

“DAK sebesar Rp. 10,2 miliar tersebut untuk pembangunan jaringan irigasi di 10 kecamatan di antaranya adalah Kecamatan Parakan, Gemawang, Bansari, Ngadirejo, Candiroto, Kedu dan Tembarak. Dimana pekerjaannya dibagi menjadi 10 paket saluran irigasi di Temanggung”, papar Hendra. Seperti dilansir dari temanggung kab.go.id.

Dari 10 paket tersebut, lanjut Hendra, yang paling banyak anggarannya adalah pembangunan peningkatan irigasi sepanjang 14,8 kilometer di Desa Mangunsari, Kecamatan Ngadirejo yaitu sebesar Rp. 2 miliar, yang akan mengairi sawah dengan luas sekitar 4.508 hektare.

“Salah satu irigasi yang kini tengah dikerjakan adalah irigasi di Desa Wonokreso, Tembarak, dengan anggaran Rp. 1,07 miliar dan roses pembangunan saat ini hampir mencapai 50 persen”, terang Hendra.

Dengan adanya peningkatan jaringan irigasi yang lebih memadai, imbuh Hendra, maka para petani bisa menanam padi dua kali dalam setahun, sudah tentu produktivitas tanaman padi pun akan meningkat dan mendukung ketahanan pangan, khususnya di wilayah tersebut.

“Saat pembangunan peningkatan irigasi ini sudah selesai, maka petani tidak akan lagi kesulitan air. Sehingga diharapkan ke depan produktivitas pertanian semakin meningkat. Dengan demikian kesejahteraan petani bisa tercapai,” pungkasnya. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *