100 SMP Di Kabupaten Boyolali Gelar Ujian Sekolah

  • Share

BOYOLALI, MEDGO.ID – Sebanyak 100 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdiri dari 52 SMP Negeri dan 48 SMP Swasta dengan jumlah peserta ujian sebanyak 10.764 siswa, yang ada di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, mulai hari Rabu tanggal 28 April hingga Rabu 5 Mei 2021, menggelar ujian sekolah dengan tetap menerapkan prokes ketat.

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto, Kamis (29/4/2021), seusai melakukan monitoring ujian sekolah di SMP Negeri 2 Mojosongo.

\

Darmanto menyampaikan bahwa seluruh SMP bisa menyelenggarakan ujian sekolah dengan baik karena seluruhnya berada di zona hijau dan pelaksanaan ujian SMP tersebut di terpantau berjalan lancar.

“Dari 10.764 peserta hanya ada 14 orang siswa yang tidak bisa ikut ujian di hari pertama. Mayoritas dengan alasan di daerah non hijau,” terang Darmanto.

Dari 14 orang anak yang tidak bisa mengikuti ujian sekolah tersebut, tambah Darmanto, sesuai dengan prosedur mereka akan diberi kesempatan untuk mengikuti ujian susulan. Apabila masih belum bisa mengikuti, maka pihaknya akan menyelenggarakan ujian susulan secara daring di rumah masing-masing siswa.

“Harapannya seluruh peserta anak yang terdaftar di kita 10.764 ini 100 persen bisa mengikuti ujian dengan baik”, tandas Darmanto.

Dalam ujian sekolah tersebut, lanjut Darmanto, ada sebanyak 11 mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan struktur kurikulum untuk jenjang SMP. Untuk mata pelajaran yang menjadi materi ujian nasional, pihaknya memberikan waktu 90 menit kepada anak anak untuk mengerjakan soal pilihan ganda dan esai. Sedangan mata pelajaran lain mendapatkan waktu mengerjakan 60 menit.
Sehingga para siswa mengikuti ujian sekolah dalam waktu tiga jam sesuai dengan kebijakan dalam rangka penanggulanggan Coronavirus Disease.

Menurut Darmanto, ujian sekolah tersebut menjadi salah satu unsur kelulusan siswa. Darmanto juga berharap agar siswa dapat mengerjakan soal dengan sungguh sungguh serta belajar dengan baik.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Mojosongo, Yudhi Sabartono, menungkapkan bahwa pihaknya tetap menerapkan prokesdengan ketat untuk siswa yang mengikuti ujian sekolah.

“Secara keseluruhan ada 662 siswa, untuk kelas 9 ada 217 siswa yang dibagi dalam 14 ruangan dimana setiap ruangan hanya diisi oleh 16 orang siswa”, papar Darmanto. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *