1.070 Pendonor Darah Sukarela Terima Penghargaan

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam acara temu donor darah sukarela, menyerahkan penghargaan kepada para pendonor darah sukarela di Jawa Tengah, Senin (8/11/2021), di Grhadhika Bhakti Praja.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah, Sarwa Pramana, mengatakan bahwa penghargaan tersebut diserahkan kepada 1.070 orang pendonor darah sukarela yang telah melakukan donor darah 50 kali dan 75 kali.

\

Sarwa Pramana menyampaikan bahwa acara tersebut dihadiri oleh masing-masing satu orang perwakilan pendonor dari 36 Unit Donor Darah PMI se-Jateng dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, selaku Ketua Dewan Kehormatan PMI Jawa Tengah.


“Dari jumlah 1.070 pendonor darah sukarela tersebut, ada 835 orang yang telah 50 kali donor, dan 235 orang yang telah 75 kali donor”, kata Sarwa Pramana. Seperti dikutip dari jatengprov.go.id.

Lebih lanjut, Sarwa Pramana menyampaikan bahwa PMI di Jawa Tengah dapat memenuhi 97 persen kantong darah di rumah sakit dan 98 persen pemenuhan plasma konvalesen.

Dalam sambutannya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyampaikan bahwa penghargaan tersebut sebagai bentuk penghormatan yang tinggi kepada para pendonor sukarela.

“Sikap mereka merupakan ketulusan sejati dalam laku kemanusiaan. Penghormatan ini kita berikan sebagai suatu rasa atau perhatian dari pemerintah kepada aksi kemanusiaan”, kata Ganjar.

Donor darah, tandas Ganjar, bukan suatu aksi yang bisa diwakilkan. Para pendonor darah sukarela adalah pelaku aksi kemanusiaan yang sejati dari perasaan yang tulus untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sementara itu, Yohannes Setiyono, salah seorang pendonor darah sukarela yang menerima penghargaan dari PMI Jawa Tengah, mengatakan bahwa di bulan November 2021 ini telah berdonor sebanyak 82 kali.

“Sejak usia muda, sekitar umur 21 tahun, saya sudah menjadi pendonor darah hingga sekarang. Harapan saya adalah ke depannya makin banyak warga Jawa Tengah yang menjadi pendonor sukarela, apalagi PMI di daerah seringkali mengalami kekurangan stok darah”, kata Yohannes. (*).
Pewarta: Adang.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *